Social Icons

Pages

Saturday, November 10, 2012

HOUSEKEEPING PROFESIONAL IMAGE

Housekeeping profesional image adalah hal terpentng yg harus dimiliki seorang room attendant yg mencakup 5 hal yaitu Good Grooming, Uniform Care, Personal Hygiene, Code Behavior, dan Rules and Regulation. Dan kali ini kita akan bahas satu persatu mengenai hal tersebut.
1. Good Grooming
       Secara umum Good Grooming dapat diartikan sebagai penampilan atau pencitraan diri melalui penampilan yg rapi,bersih, namun tidak berlebihan. Dan sebagai pelaku dunia industri pariwisata khususnya perhotelan, sangat diwajibkan untuk hal tersebut yg meliputi :
  • Rambut ditata rapi sesuai aturan dan tidak berlebihan
  • Menggunakan seragam sesuai aturan yg berlaku
  • Menggunakan sepatu pantovel hitam yg nyaman
  • Bagi karyawan wanita tidak menggunakan perhiasan secara berlebihan.
  • Memakai make up tipis /soft bagi karyawan wanita
  • Memakai parfum yg tidak terlalu menyengat
 2. Uniform Care
  • Selalu dijaga dengan baik sehingga dapat dipakai sesuai waktunya
  • Tidak ada bagian-bagian yg robek
  • Selalu rapi dan tidak kusut
  • Dikancingkan sesuai desain
  • Selalu bersih & tidak ada noda
  • Seragam sesuai ukuran tubuh
  • Menggunakan name tag selama bertugas
3. Personal Hygiene
  • Mandi dengan sabun 2 kali sehari
  • Menggosok gigi dengan pasta gigi secara teratur. Jika perlu melakukan pemeriksaan gigi berkala 6 bulan sekali
  • Keramas secara teratur
  • Memotong & membersihkan kuku supaya rapi & bersih
  • Menggunakan deodorant & parfum yg baunya tidak terlalu menyengat
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktifitas 
4. Code & Behavior
  • Dilarang berbicara dengan nada suara keras kepada tamu.
  • Dilarang berkeliaran di area kerja jika bukan waktunya nertugas.
  • Dilarang menggunakan HP/ alat komunikasi pribadi lainnya selama bertugas.
  • Dilarang mengajak teman berkunjung ke area kerja.
  • Dilarang menggunakan aksesoris/ perhiasan berlebihan selama bertugas.
  • Dilarang bersantai/ duduk di area yg disediakan untuk tamu.
5. Rules & Regulation
  • Datang di tempat kerja 15 menit sebelum jam incharge.
  • Membaca log book sebelum bertugas.
  • Membersihkan & merapikan area kerja sebelum selesai bertugas.
  • Memakai pelindung (helmet, hand gloves, dll) bagi yang bertugas di tempat yg rentan resiko kecelakaan kerja.

No comments:

Post a Comment